Manfaat Penggunaan Metode Pembayaran Cashless untuk UMKM

Penerapan metode pembayaran cashless pada UMKM memberikan berbagai manfaat, terutama dalam hal transaksi pembayaran dan pengelolaan keuangan yang lebih efektif.

Penerapan pembayaran cashless dalam UMKM di atas adalah salah satu langkah digitalisasi UMKM dengan memanfaatkan teknologi pembayaran digital, disamping pemanfaatan digital marketing dan internet untuk memperluas pemasaran produk UMKM.

Pentingnya pembayaran cashless bagi pelaku bisnis UMKM juga terkait dengan faktor keamanan. Dibandingkan dengan transaksi tunai yang berisiko tinggi terhadap kehilangan atau pencurian uang, metode pembayaran non-tunai dapat mengurangi risiko tersebut.

Uang secara elektronik ditransfer langsung ke rekening UMKM, mengurangi potensi kerugian. Selain itu, pembayaran secara digital memudahkan dalam pencatatan transaksi pelanggan.

Hal ini bisa terjadi karena teknologi pembayaran melalui perusahaan payment gateway menyediakan banyak metode pembayaran cashless yang dapat digunakan pelaku bisnis UMKM, seperti QRIS, dompet digital, dan virtual account bank.

Metode Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

1. Link Pembayaran atau Payment Link

Terima pembayaran melalui WhatsApp, media sosial, fitur chat media sosial, email, email. Mana bisa?

Bisalah. Inilah teknologi Link Pembayaran hanya dengan sebuah link atau tautan sederhana di dalamnya sudah berisi pilihan metode pembayaran non tunai.

Link Pembayaran atau Payment Link di dalamnya sudah terdapat konfigurasi tentang transaksi, seperti item produk, jumlah atau quantity, harga, jumlah pembayaran dan harga satuan, informasi pengiriman, deskripsi transaksi, dan pilihan channel pembayaran yang diterima.

Setelah Link Pembayaran dibuat, dapat dibagikan melalui pesan teks seperti WhatsApp, Telegram, FB Messenger, SMS, email, atau fitur chat di media sosial kepada pelanggan.

Selanjutnya pelanggan mengklik Link Pembayaran dan akan diarahkan ke halaman pembayaran online. Pada halaman tersebut, pelanggan akan diminta untuk mengisi informasi pembayaran yang telah dikonfigurasi oleh pebisnis.

Pelanggan dapat memilih channel pembayaran non tunai seperti QRIS, dompet digital (OVO, DANA, ShopeePay, SpeedCash, Gopay), dan virtual account bank.

Pembuatan Link Pembayaran juga sangat mudah. Pelaku bisnis dapat memperoleh melalui perusahaan payment gateway Winpay dengan mudah tanpa integrasi apapun, sehingga dapat langsung digunakan untuk keperluan bisnis.

Metode pembayaran Link Pembayaran atau Payment Link ini sangat cocok untuk bisnis skala kecil, menengah seperti UMKM dan industri kreatif lainnya.

2. QRIS

QRIS menjadi alat pembayaran cashless paling banyak digunakan di Indonesia oleh pembeli. Sebuah kode QR dapat menerima banyak pembayaran dari aplikasi mobile banking dan dompet digital atau ewallet.

Nilai transaksi cashless di Indonesia mencapai Rp160 triliun lebih menjadikan pembayaran non tunai sebagai alat pembayaran populer karena dapat digunakan di merchant offline dan online.

UMKM dapat menerima berbagai jenis pembayaran tanpa perlu menyediakan banyak QR Code.

3. Dompet Digital atau E-Wallet

Tercatat pengguna dompet digital mencapai lebih dari 40,05 juta dan jumlah merchant yang menerima pembayaran QRIS mencapai 28,38 juta. Dompet digital di Indonesia seperti OVO, Gopay, DANA, ShopeePay, SpeedCash, dll.

Pembayaran menggunakan dompet digital ini sangat mudah, cukup menggunakan aplikasi di smartphone dengan cara memindai/scan QRIS atau transfer. Karena, aplikasi dompet digital dapat digunakan untuk transfer ke rekening bank.

Penggunaan dompet digital ini memang tidak jauh dari lingkungan QRIS dan saling terintegrasi. Bila UMKM mempunyai QRIS untuk pembayaran dapat maka secara otomatis dapat menerima pembayaran menggunakan berbagai dompet digital.

4. Virtual Account Bank

Virtual account ini seperti rekening virtual di banyak bank. Tapi pebisnis tidak perlu membuat sendiri banyak rekening virtual. Virtual account banyak bank sudah disediakan oleh perusahaan payment gateway.

Dengan memiliki virtual account banyak bank, pelaku bisnis UMKM dapat menerima pembayaran pelanggan dari rekening apapun yang dimiliki tanpa harus repot memiliki rekening bank lain.

Pembayaran melalui virtual account atau VA ini bisa melalui aplikasi mobile banking atau internet banking dengan mudah, cepat, dan aman dimanapun kapanpun.

5. Kartu Debit

Kartu debit diterbitkan oleh bank menggunakan sumber dana dari rekening yang kita miliki dari bank penerbit kartu debit. Kartu ATM yang dimiliki selain untuk menarik uang secara tunai, juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran cashless dengan cara digesek pada mesin EDC pada merchant UMKM.

Tentunya, untuk menerima pembayaran menggunakan kartu debit harus menyediakan mesin EDC yang saat ini masih tergolong mahal karena selain ada biaya pengadaan juga ada tambahan biaya lain.

Manfaat Pembayaran Cashless untuk UMKM

  1. UMKM dan pelanggan tidak perlu punya banyak rekening yang ribet dalam manajemen keuangan.
  2. Dapat menerima metode pembayaran cashless menggunakan: virtual account, QRIS, e-wallet, e-money.
  3. Adanya Link Pembayaran bagi UMKM tanpa integrasi dengan beragam metode pembayaran.
  4. Hemat biaya dan menekan pengeluaran dengan biaya transaksi yang rendah tanpa biaya tambahan atau biaya bulanan.
  5. Keamanan tinggi yang menjamin transaksi berjalan lancar dengan enkripsi yang rumit.
  6. Proses transaksi lebih cepat dan dapat memproses banyak transaksi secara bersamaan hanya dalam hitungan detik saja.
  7. Tersedia laporan pembayaran secara otomatis dan real-time bagi UMKM.
  8. Menjangkau pelanggan lebih luas dengan pengalaman berbelanja yang mudah, lancar, efisien, dan aman.

Penggunaan metode pembayaran cashless ini sangat cocok untuk UMKM karena memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai, memberikan kemudahan dalam bertransaksi, dan meningkatkan daya saing bisnis dalam era digital saat ini.

Kemudahan pembayaran dalam bisnis UMKM akan meningkatkan transaksi dan revenue bisnis. Semakin mudah pelanggan membayar, akan memberikan rasa nyaman untuk melakukan transaksi kembali. Solusi pembayaran cashless bisa didapatkan melalui Winpay payment gateway. Lengkapi cara pembayaran bagi UMKM dengan Link Pembayaran dan pembayaran cashless agar bisnis UMKM tambah laris.